ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA TOKO SEPATU BATA DI KOTA TIMIKA

Authors

  • Rosdiana Rosdiana STIE Jambatan Bulan
  • Ruseli Nur A'idia

Keywords:

Citra Merek, Kesadaran Merek dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Toko Sepatu Bata di Kota Timika. Penelitian ini dialkukan selama bulan Oktober sampai April 2022 di Toko Sepatu Bata di Kota Timika. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Toko Sepatu Bata dengan sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling.pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi. Uji Validitas dan Uji Reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi Berganda, Uji F, dan Uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek dan kesadaran merek secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk pada Toko Sepatu Bata di Kota Timika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adela, Getha dan Melitina Tecoalu. “Pengaruh Pemasaran Emosional Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Mediasi Citra Merek pada Produk Nike,” Jurnal Manajemen Bisnis, Vol.12 (Juli-Desember, 2017), Hal. 146.
Amilia, Suri dan M. Oloan asmara Nst. “Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiomi di Kota Langsa,” Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol.6 (Mei, 2017), Hal. 661-662.
Chalil, Rifyal Dahlawy. Brand Islamic Branding, & Rebranding Peran Strategi Merek Dalam Menciptakan Daya Saing Industri dan Bisnis Global. Edisi 1. Depok:PT RajaGrafindo Persada. 2020:34.
Durianto, Darmady, dkk. Strategi M enaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta:PT Gramedia Pustaka utama. 2004:54-57.
Dharma, Ngakan Putu Surya Adi, I Putu Gde Sukaarmadja. “Pengaruh Vitra Merek, Kesadaran Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Apple,” Jurnal Manajemen Unud, Vol.4 (2015), Hal.3234-3235.
Heryanto, Imam. “Analisis Pengaruh Prodk, Harga, Distribusi, dan Promosi Terhadap keputusan Pembelian Serta Implikasinya pada Kepuasan Pelanggan,” Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, Vol. 9. (Oktober, 2015), Hal. 85.
Hidayatullah, Sultan Agung. “Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk pada PT. Asuransi Sinarmas Yogyakarta.” Skripsi Sarjana, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri, Yogyakarta, 2017, Hal. 21-59.
Indrasari, Meithiana. Pemasaran & keputusan pelanggan. Surabaya:Unitomo press. 2019:22-23.
Kotler, philip dan gary Armstrong. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta:Erlangga. 2006:159-181.
Musa, Muh. Ichwan. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar,” Jurnal Ekonmix, Vol.5 (Juni, 2017), Hal. 186.
Marlius, Doni. “ Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis dan Bauran Pemasaran PT. Intercom Mobilindo Padang,” jurnal Pundi, Vol.1 (Maret, 2017), Hal. 57-58.
Qomairiah, Nurul. Pentingnya Kepuasan dan Loyalitas Pengunjung Studi Pengaruh Customer Value, Brand Image, dan Atribut Produk Trhadap Keputusan dan Loyalitas Pengunjung Pariwisata Pantai. Jember:CV Pustaka Abadi. 2020.29.
Shimp, Terence A. Periklanan Promosi Aspek tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu.Edisi 5. Jakarta:Erlangga. 2003:11.
Siregar, Syofian. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & Spss. Edisi Pertama. Jakarta:Kencana. 2013:7-16.
Suyanto, M. Marketing Strategi Top Brand Indonesi. Yogyakarta:C.V Andi Offset. 2007:81.
Tajudin, Makhdaleva Hanura dan Ade Sofyan Mulazid. “Pengaruh Promosi, Kepercayaan dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Tabungan Haji (Mabrur) Bank Syariah mandiri Kcp.Sawangan Kota Depok,” Jurnal Ekonomi Islam, Vol.8. (Januari-Juni, 2017), Hal. 23.
Tingkir, Cindy fransisca. “Pengaruh Identitas Merek Terhadap LoyalitasMerek Melalui Citra Merek dan Kepercayaan Merek Toyota,” Jurnal Manjemen Pemasaran, Vol.8 (Oktober, 2014) Hal. 63.
Tjiptono, Fandy, Anastasia Diana. Pemasaran Esensi & Aplikasi. Yogyakarta:C.V Andi Offset. 2016.149.
Walukow, Agnes Ligia Pratistia, Lisbeth Mananeke, Jantje Sepang. “Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Bantenan Sonder Minahasa,” Jurnal EMBA, Vol. 2 (September, 2014), Hal. 1739.

Downloads

Published

2022-10-29

How to Cite

ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA TOKO SEPATU BATA DI KOTA TIMIKA. (2022). JURNAL KRITIS (Kebijakan, Riset, Dan Inovasi), 6(2), 176-200. http://ejournal.stiejb.ac.id/index.php/jurnal-kritis/article/view/232