ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA TOKO SEPATU BATA DI KOTA TIMIKA
Keywords:
Citra Merek, Kesadaran Merek dan Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Toko Sepatu Bata di Kota Timika. Penelitian ini dialkukan selama bulan Oktober sampai April 2022 di Toko Sepatu Bata di Kota Timika. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Toko Sepatu Bata dengan sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling.pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi. Uji Validitas dan Uji Reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi Berganda, Uji F, dan Uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek dan kesadaran merek secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk pada Toko Sepatu Bata di Kota Timika.
Downloads
References
Amilia, Suri dan M. Oloan asmara Nst. “Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiomi di Kota Langsa,” Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol.6 (Mei, 2017), Hal. 661-662.
Chalil, Rifyal Dahlawy. Brand Islamic Branding, & Rebranding Peran Strategi Merek Dalam Menciptakan Daya Saing Industri dan Bisnis Global. Edisi 1. Depok:PT RajaGrafindo Persada. 2020:34.
Durianto, Darmady, dkk. Strategi M enaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta:PT Gramedia Pustaka utama. 2004:54-57.
Dharma, Ngakan Putu Surya Adi, I Putu Gde Sukaarmadja. “Pengaruh Vitra Merek, Kesadaran Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Apple,” Jurnal Manajemen Unud, Vol.4 (2015), Hal.3234-3235.
Heryanto, Imam. “Analisis Pengaruh Prodk, Harga, Distribusi, dan Promosi Terhadap keputusan Pembelian Serta Implikasinya pada Kepuasan Pelanggan,” Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, Vol. 9. (Oktober, 2015), Hal. 85.
Hidayatullah, Sultan Agung. “Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk pada PT. Asuransi Sinarmas Yogyakarta.” Skripsi Sarjana, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri, Yogyakarta, 2017, Hal. 21-59.
Indrasari, Meithiana. Pemasaran & keputusan pelanggan. Surabaya:Unitomo press. 2019:22-23.
Kotler, philip dan gary Armstrong. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta:Erlangga. 2006:159-181.
Musa, Muh. Ichwan. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar,” Jurnal Ekonmix, Vol.5 (Juni, 2017), Hal. 186.
Marlius, Doni. “ Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis dan Bauran Pemasaran PT. Intercom Mobilindo Padang,” jurnal Pundi, Vol.1 (Maret, 2017), Hal. 57-58.
Qomairiah, Nurul. Pentingnya Kepuasan dan Loyalitas Pengunjung Studi Pengaruh Customer Value, Brand Image, dan Atribut Produk Trhadap Keputusan dan Loyalitas Pengunjung Pariwisata Pantai. Jember:CV Pustaka Abadi. 2020.29.
Shimp, Terence A. Periklanan Promosi Aspek tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu.Edisi 5. Jakarta:Erlangga. 2003:11.
Siregar, Syofian. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & Spss. Edisi Pertama. Jakarta:Kencana. 2013:7-16.
Suyanto, M. Marketing Strategi Top Brand Indonesi. Yogyakarta:C.V Andi Offset. 2007:81.
Tajudin, Makhdaleva Hanura dan Ade Sofyan Mulazid. “Pengaruh Promosi, Kepercayaan dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Tabungan Haji (Mabrur) Bank Syariah mandiri Kcp.Sawangan Kota Depok,” Jurnal Ekonomi Islam, Vol.8. (Januari-Juni, 2017), Hal. 23.
Tingkir, Cindy fransisca. “Pengaruh Identitas Merek Terhadap LoyalitasMerek Melalui Citra Merek dan Kepercayaan Merek Toyota,” Jurnal Manjemen Pemasaran, Vol.8 (Oktober, 2014) Hal. 63.
Tjiptono, Fandy, Anastasia Diana. Pemasaran Esensi & Aplikasi. Yogyakarta:C.V Andi Offset. 2016.149.
Walukow, Agnes Ligia Pratistia, Lisbeth Mananeke, Jantje Sepang. “Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Bantenan Sonder Minahasa,” Jurnal EMBA, Vol. 2 (September, 2014), Hal. 1739.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Kritis agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.(See The Effect of Open Access)
All rights reserved. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Licensed under
a Creative Commons Attribution 4.0 International License