ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGELUARAN KONSUMSI RUMAH TANGGA

Authors

  • Mulyati Mulyati
  • Muh Sabir

Keywords:

GDP, Population, Household Consumption

Abstract

This study aims to find out the factors that affect household consumption expenditure in Mimika Regency. The approach used in the researcher is an associative method that aims to find out the influence or relationship between two or more variables. The data collection techniques used by the researcher are literature studies and documentation. The analysis tool used in this study is multiple regression analysis to find out whether household income and population have an effect on household consumption in Mimik Regency. The results of the study show that household consumption has no effect on household consumption and the number of people has no effect on household consumption.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiwihardja C. “Ecommerce Sebagai Model Inovasi Teknologi Strategi Enterpreneur Menurut Preferensi Pengguna Pada Jakartanotebook.com” Bina Insani Ict Journal, Vol.3, No.1, Juni 2016, ISSN:2355-3421 (Print) ISSN: 2527-9777 (Online). Hal 155, 157, 158.

Wahyuni, Sri. “Analisis Strategi Promosi Online Pada PASARHOSTING.COM”. Skripsi Sarjana, Fakultas Ekonomi Dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor, Bogor, 2014. Hal 10, 11.

Arsyad, Lincolin and Kusuma, Stephanus Eri. Ekonomika Industri. Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2014.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. “Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia” 2018.

Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2015. Hal.12, 198.

Badan Pusat Statistik. “Industri mikro dan kecil” Bps.go.id/subject/170/industri-mikro-dan-kecil.html (Akses 9 Januari 2019).
Fitri, Irna. “Analisis Promosi Penjualan Online, Harga, Kepercayaan, dan Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian Online Ceker Brontak (studi pada Ceker Brontak Kota Bandar Lampung)”. Skripsi Sarjana, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung, Bandar Lampung, 2016, Hal. 27, 28.

Kartajaya, Hermawan. Hermawan Kartajaya On Marketing Mix. Bandung: PT. Mizan Pusataka, 2006,.

Kartajaya, Hermawan. Perjalanan Pemikiran Konsep Pemasaran Hermawan Kartajaya. Penerbit Erlangga.

Kertamukti, Rama. Strategi Kreatif dalam Periklanan. Depok: PT. Rajagrafindo Persada, 2017.

Kotler Philip, Hermawan Kartajaya dan Iwan Setiawan. Marketing 4.0. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2019.

Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 95 Tahun 2015 tentang Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia.

Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor: 64/M-IND/PER/7/2016 tentang Besaran Jumlah Tenaga Kerja dan Nilai Investasi untuk Klasifikasi Usaha Industri.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan melalui Sistem Elektronik.

Purwana, Dedi, dkk. “Pemanfaatan Digital Marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kelurahan Malaka sari, Duren Sawit”, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), Vol. 1 No. 1 Juli 2017, E-ISSN:2580-4332. Hal 2.

Rangkuti, Freddy. Analisis SWOT: Tekhnik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2015, Hal 19-20.
Savitri, Irna. Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Penerbit Genesis, 2019.

Shimp, Terrence A. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi, Vol 8, terj. Harya Bhima Sena, dkk. Jakarta: Selemba Empat, 2014.

Sugiharsono. Mengenal Ekonomi Dasar. Surabaya: dbuku, 2013.

Sumarwan, Ujang, et.al. Pemasaran Strategik. Bogor: IPB Pres, 2011.

Sutojo, Siswanto. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Damar Mulia Pustaka, 2009.

Downloads

Published

2025-05-01

How to Cite

ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGELUARAN KONSUMSI RUMAH TANGGA. (2025). JURNAL KRITIS (Kebijakan, Riset, Dan Inovasi), 9(1), 36-51. http://ejournal.stiejb.ac.id/index.php/jurnal-kritis/article/view/632